Sambang Warga di Gatak Ngawen, Bupati Klaten Dukung Potensi Lokal

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN –

Pemerintah Kabupaten Klaten menggelar Sambang Warga di Desa Gatak, Kecamatan Ngawen, Kamis pagi (20/06/2024).

 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Klaten, Wakil Bupati Klaten, Asisten Setda Kabupaten Klaten, Kepala OPD Kabupaten Klaten, Forkopimcam Ngawen, Kepala Desa se Kecamatan Ngawen dan lainnya.

 
Dalam sambang warga tersebut, Bupati Klaten Sri Mulyani mendukung potensi lokal Desa Gatak Kecamtan Ngawen. Adapun potensi yang dimiliki yaitu UMKM emping, keripik ikan nila dan kebudayannya.
 
Kepala Desa Gatak, Sumarno mengatakan pemerintah desa senantiasa berkolaborasi bersama masyarakat untuk mengembangkan serta memajukan daerahnya. Ia mengungkapkan Desa Gatak dan sekitarnya memiliki banyak potensi lokal yang menarik dan perlu dikembangkan. Pada kesempatan tersebut, Sumarno juga memaparkan aspirasi dari Desa Gatak.
 
 
“Program kegiatan di desa kami alhamdulillah sudah banyak yang dikerjakan. Program kami ini ada yang meneruskan kades sebelumnya, ada yang inovasi dari pemdes saat ini. Pembangunan desa juga kami dorong untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami juga memiliki banyak potensi lokal, baik itu di sektor UMKM, pertanian, bahkan kebudayaan,” ungkapnya.
 

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan oleh Bupati Klaten yang didampingi Wakil Bupati Klaten dan Kepala Desa Gatak. Bantuan yang diberikan berupa Bantuan dari BAZNAS sejumlah Rp 12.000.000,-, Bantuan Pendidikan dari Bank Klaten sejumlah Rp 2.500.000,-, Bantuan dari PDAM Rp 2.000.000,-, Bantuan dari PDAU Kabupaten Klaten sejumlah Rp 2.000.000,-, Bantuan dari Dinas Sosial P3APPKB berupa Bantuan Jaminan Hidup dan Kursi Roda Penyandang Disabilitas.Selain, menyerahkan bantuan, Bupati Klaten juga meresmikan kios desa milik Desa Gatak. Kios tersebut terdapat 14 ruko yang diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik.

 
Bupati Klaten Sri Mulyani menyampaikan dirinya sangat mengapresiasi potensi lokal daerah Desa Gatak. Ia berharap pemerintah desa dan masyarakat dapat mempromosikan potensi lokalnya sehingga pertumbuhan ekonomi di Desa Gatak Dapat meningkat.
 
“Terima kasih atas penyambutan dan terselenggaranya kegiatan ini dengan sangat meriah. Kegiatan sambang warga ini adalah jembatan saya untuk bersilaturahmi dengan masyarakat, mengumpulkan aspirasi, memberikan bantuan dan tentunya pelayanan. Disini kan juga banyak potensi lokalnya, jadi saya harap potensi-potensi ini bisa dikembangkan,” tuturnya.
 

Lebih lanjut, Sri Mulyani juga mengapresiasi Sanggar MAGADA dari Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen yang telah menciptakan pertunjukan Topeng Dalang Klaten yang merupakan pertunjukan asli dari Kabupaten Klaten.

 
“Saya juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Sanggar MAGADA. Ini adala kesenian asli Klaten, dimana kesenian tersebut dalam proses pencatatan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Kemendikbudristek. Saya, mewakili Pemkab Klaten juga mendukung penuh Mas Nanang Kris Utomo juara 1 pemuda pelopor tingkat Provinsi Jawa Tengah bidang seni budaya yang akan maju di tingkat nasional, dan merupakan salah satu pelopor Topeng Dalang Klaten. Semoga Mas Nanang dapat menjadi juara lomba pemuda pelopor Tahun 2024, yang tentunya bisa membanggakan nama Kabupaten Klaten dan menjadi contoh bagi pemuda lainnya untuk senantiasa melestarikan budaya,” pungkasnya

(Ist/Kominfo-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply