Sambang Warga, Bupati Resmikan Rest Area dan Waterpark Desa Ngalas

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Bupati Klaten, Sri Mulyani meresmikan rest area dan waterpark yang dibangun Pemerintah Desa Ngalas, Klaten Selatan, Kamis (27/6/2024). Peresmian tersebut bersamaan dengan agenda Sambang Warga yang digelar di desa setempat.

Kegiatan Sambang Warga dimulai dengan peninjauan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) miliki warga Desa Ngalas dan Kecamatan Klaten Selatan. Kegiatan dilanjutkan dengan dialog masyarakat dengan Bupati Klaten dan jajarannya serta penandatanganan prasasti Rest Area Ngalas Mulyo dan Waterpark Tirto Ngalas oleh Bupati.

Kepala Desa Ngalas, Edi Riyanto mengatakan pembangunan rest area Ngalas Mulyo dan Waterpark Tirto Ngalas merupakan upaya peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan perekonomian masyarakat setempat. Menurutnya rest area dilengkapi dengan sejumlah kios yang dapat dimanfaatkan UMKM lokal.

Ia menjelaskan rest area tersebut dapat dimanfaatkan sebagai alternatif lokasi istirahat bagi wisatawan yang berkunjung ke Klaten. Rest Area Ngalas Mulyo sendiri terletak di Jalan Jombor Indah yang merupakan jalur utama menuju area wisata Rawa Jombor dan sekitarnya. Lokasi tersebut dinilai strategis karena berada tidak jauh dari wilayah Kota Klaten.

“Pembangunan rest area dan waterpark ini juga merupakan salah satu bentuk penunjang kawasan wisata Desa Wisata Ngalas,”paparnya.

Sementara Waterpark Tirto Ngalas sedang dalam tahap pembangunan di atas tanah kas desa setempat yang lokasinya sekitar 300 meter dari rest area. Waterpark tersebut akan dilengkapi dengan taman bermain anak serta kolam renang dewasa dan anak.

“Pembangunannya masih sekitar 50 persen dan menggunakan anggaran Pemerintah Desa Ngalas. Untuk sumber airnya menggunakan sumber air alami dari Sendang Jragung yang dialirkan melalui pipanisasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan apresiasinya terhadap Pemdes Ngalas atas pembangunan rest area dan waterpark. Menurutnya upaya tersebut menjadi bukti kemandirian Pemdes dalam memajukan kawasan desa.

“Semoga ke depannya makin mempercantik wisata di Desa Ngalas. Dan tentunya pemerintah daerah harus hadir untuk ikut mendukung, salah satunya dengan dukungan anggaran agar sektor pariwisata semakin maju,” kata Sri Mulyani. (Ist/Kominfo-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply