Puncak Peringatan Tahun Baru Islam, Pemkab Klaten Gelar Pengajian Akbar

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN — Ribuan umat Muslim memadati halaman Masjid Agung Al Aqsha untuk menghadiri pengajian akbar, Selasa (9/7/2024) malam. Kegiatan tersebut digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten dalam rangka peringatan Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah.

Pengajian akbar peringatan Tahun Baru Islam 1446 H tersebut diawali dengan pembacaan sholawat shimtudduror oleh Habib Muhammad Rifqi bin Ahmad Al Jailani yang diikuti oleh jamaah yang hadir. Dalam acara tersebut, hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono mewakili Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Sekda Jajang Prihono menyampaikan momen pergantian tahun Hijriyah menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk instrospeksi menjadi pribadi yang lebih baik. Peringatan tahun baru Islam di Kabupaten Klaten juga diharapkan menjadi momentum untuk memperkokoh umat Islam di Kota Bersinar.

“Momen pergantian tahun Hijriyah diharapkan menjadi kesempatan untuk memperbaiki kualitas diri. Peringatan Tahun Baru Hijriyah ini juga diharapkan menjadi memperkokoh umat Muslim tanpa memandang golongan,” ungkapnya dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, turut diserahkan penghargaan kepada pemenang lomba Gema Takbir Idul Adha oleh Sekda Klaten. Kegiatan ini sekaligus menjadi rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Klaten ke-220.

Kegiatan bertema “Merajut Ukhuwah Menggapai Berkah” tersebut dilanjutkan dengan kajian dari Habib Muhammad bin Yahya Baraqbah dari Kota Surakarta. Pada kesempatan tersebut, Habib Muhammad bin Yahya Al Baraqbah menyampaikan apresiasinya kepada umat Muslim di Klaten.

Hal ini lantaran pengajian tersebut dihadiri oleh jamaah dari berbagai latar belakang organisasi Islam. Menurutnya hal tersebut menjadi gambaran hubungan yang kokoh di antara umat Muslim.

“Semoga kuatnya persaudaraan umat Muslim di Klaten ini semakin menjadikan Klaten kota yang damai dan membawa kedamaian di Indonesia,” ungkapnya.

Pengajian akbar peringatan Tahun Baru Hijriyah tersebut ditutup dengan mahalul qiyam dan doa bersama. (Ist/Kominfo-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply