Prokopim Demak Studi Tiru di Prokopim Klaten

 DAERAH


LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) dan Bagian Umum Kabupaten Demak mengadakan studi di Bagian Prokopim Kabupaten Klaten dalam hal pelayanan pimpinan, dokumentasi pimpinan dan keprotokolan yang diterima di Ruang Kerja Kepala Bagian Prokopim Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Klaten, Selasa, 26 September 2023.

Rombongan Bagian Prokopim dan Bagian Umum Kabupaten Demak dipimpin Nurul Prasetyani selaku Plt Kabag Prokopim sekaligus sebagai Kabag Umum Kabupaten Demak. Kemudian anggota rombongan masing-masing Uditya Yayang selaku Kepala Sub Bagian (Kasubag) Protokol Kabupaten Demak, Rinto Kasubag Umum Bagian Umum Kabupaten Demak serta tiga staf yakni Dewi Susanti, Wuryanto dan Ika.

Kunjungan studi Bagian Prokopim Kabupaten Demak dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian (Kabag) Prokopim Kabupaten Demak, Nurul Prasetyani yang diterima langsung oleh Plt Kabag Prokopim Kabupaten Klaten, Tri Nugroho Pujo Warono, SSTP, SM. Tampak mendampingi Plt Kabag Prokopim Klaten pada acara tersebut Sub Koordinator Protokol, Poniran, SSos dan Sub Koordinator Dokumentasi Pimpinan, Muhammad Nur Cahyo Sasongko, SKom, MKom.

Plt Kabag Prokopim Kabupaten Demak, Nurul Prasetyani mengatakan, tujuan studi ke Bagian Prokopim Klaten untuk menimba ilmu di Prokopim Kabupaten Klaten yang akan diterapkan di Kabupaten Demak. Hal-hal yang dipelajari dari Prokopim Klaten antara lain tugas pokok dan fungsi (tupoksi), bagaimana melayani pimpinan, dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) dan anggaran.

Nurul Prasetyani yang juga Kabag Umum Setda Kabupaten Demak, mengucapkan terimaaksih kepada Plt Kabag Prokopim Setda Kabupaten Klaten beserta jajarannya yang telah menerima kunjungan dari Bagian Prokopim dan Bagian Umum Setda Kabupaten Demak.

“Saya rombongan ada enam orang dari Bagian Prokopim dan Bagian Umum Kabupaten Demak,” ujar Nurul Prasetyani.

Sementara itu Plt Kabag Prokopim Setda Klaten, Tri Nugroho Pujo Warono mengucapkan terimakasih kepada Bagian Prokopim dan Bagian Umum Setda Kabupaten Demak yang telah memilih Kabupaten Klaten untuk studi tentang komunikasi pimpinan, keprotokolan dan pendokumentasian pimpinan. Semoga dengan studi dari Kabupaten Demak menjadi penyemangat keluarga besar Bagian Prokopim Kabupaten Klaten dalam melaksanakan tupoksinya masing-masing.

Dikatakan, Bagian Prokopim Setda Klaten ada tiga Sub Koordinasi masing-masing Sub Koordinasi Komunikasi Pimpinan, Sub Koordinasi Protokol dan Sub Koordinasi Dokumentasi Pimpinan. Tugas Sub Koordinasi Komunikasi Pimpinan antara lain melaksanakan fasilitasi komunikasi pimpinan, Menjalin hubungan dengan berbagai pihak terkait pelaksanaan fungsi juru bicara pimpinan daerah, memberi masukan kepada pimpinan daerah tentang penyampaian informasi tertentu.

Tugas Sub Koordinasi Pimpinan lainnya, kata, Tri Nugroho, memberikan informasi dan penjelasan kepada media dan pihak-pihak terkait sesuai dengan kebutuhan dan atau atas arahan pimpinan, menghimpun dan mengolah informasi yang yang bersifat penting dan mendesak sesuai kebutuhan Bupati dan Wakil Bupati. Kemudian menyiapkan dan menggandakan bahan materi rapat dan materi kebijakan Bupati dan Wakil Bupati, menyusun naskah sambutan dan pidato Bupati dan Wakil Bupati.

Lebih lanjut Tri Nugroho menjelaskan, tugas Sub Koordinasi Protokol masing-masing melaksanakan fasilitasi keprotokolan, melaksanakan tata protokoler dalam rangka penyambutan tamu pemerintah daerah dan menyiapkan bahan koordinasi dan/atau fasilitasi keprotokolan. Selain itu Sub Koordinasi Protokol juga menyiapkan bahan informasi acara dan jadwal kegiatan Bupati dan Wakil Bupati.

Ditambahkan, tugas Sub Koordinator Dokumentasi Pimpinan pada Bagian Prokopim Setda Klaten diantaranya melaksanakan fasilitasi dokumentasi pimpinan, mendokumentasikan kegiatan Bupati dan Wakil Bupati, menyusun bahan publikasi kegiatan Bupati dan Wakil Bupati. Selanjutnya, melaksanakan peliputan kegiatan Bupati dan Wakil Bupati dan melaksanakan publikasi kegiatan Bupati dan wakil Bupati. (Ist/Prokopim-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply