Meriah…Puncak Peringatan Hari Jadi Klaten ke 219 dan HUT RI ke 78 Oleh Warga Kecamatan Cawas

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Hari Minggu (20/8/2023) pagi yang cerah disambut dengan wajah wajah gembira oleh segenap warga desa Kedungampel kecamatan Cawas. Dimana pada pagi hari itu Pemerintah Desa Kedungampel bersama Karang Taruna desa Kedungampel menyelenggarakan puncak dari serangkaian acara dalam rangka menyambut hari jadi kabupaten Klaten yang ke 219 dan juga memperingati hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 dengan mengadakan kegiatan sepeda gembira.

Acara sepeda gembira diawali dari halaman kantor desa Kedungampel dan dilepas dengan mengibarkan bendera start oleh Kepala Desa Kedungampel, Karmo. Sepeda gembira hari ini diikuti oleh ratusan warga desa Kedungampel dan desa desa di sekitarnya, baik tua, muda maupun anak anak.

Dalam acara sepeda gembira hari ini, Panitya pelaksana menyediakan banyak  hadiah hadir atau doorprize untuk para peserta sepeda gembira. Hadiah hadir ini adalah dari partisipasi sponsor maupun dari donatur warga desa Kedungampel sendiri.

Kepala Desa Kedungampel, Karmo kepada Lintassolorayanews.com menjelaskan, acara sepeda gembira hari ini merupakan puncak dari serangkaian acara dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten Klaten yang ke 219 dan juga peringatan hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78.

” Sebelum diadakan sepeda gembira ini, warga desa Kedungampel sudah melaksanakan berbagai lomba, antara lain pertandingan bulu tangkis, pertandingan bola volley dengan bola plastik yang dimainkan oleh ibu ibu..” jelas Kepala Desa yang mantan Kepala Korwil Dinas Pendidikan di kecamatan Karangdowo ini.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan sepeda gembira maupun lomba lomba yang lain ini menurut Karmo adalah dalam rangka membangun silaturahmi dan mempererat persatuan dan persaudaraan di antara warga desa Kedungampel.
” Tujuan dari kegiatan sepeda gembira hari ini adalah dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan diantara warga desa Kedungampel. Agar diantara warga itu saling kenal satu sama lainnya kemudian bersatu membangun desa Kedungampel bersama sama untuk kemajuan desa Kedungampel..” lanjut Karmo.

Sementara di desa tetangga yaitu desa Tugu kecamatan Cawas, pada hari yang sama juga menggelar acara “Gebyar 78, Pesta Rakyat” di lapangan desa setempat.

Acara gebyar 78, pesta rakyat desa Tugu kecamatan Cawas yang dihadiri oleh Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani dan seorang staf Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Ambar Kusumo hari ini menampilkan bazzar pasar rakyat oleh para pelaku UMKM warga desa Tugu. Selanjutnya juga ditampilkan lomba fashion show yang pesertanya para muda mudi warga desa Tugu. Terakhir ada pertunjukan kesenian tradisional reog oleh grup reog dari desa Tugu.


Kepala Desa Tugu kecamatan Cawas, Suhartono kepada Lintassolorayanews.com menyatakan bahwa acara gebyar 78, pesta rakyat hari ini sepenuhnya diprakarsai oleh Karang Taruna desa Tugu. Pihak Pemerintah Desa hanya sebagai pembina.

” Untuk penyelenggaraan acara hari ini, sepenuhnya dilaksanakan oleh Karang Taruna. Mulai dari acara, pendanaan baik dari swadaya maupun dari sponsor, Karang Taruna yang bekerja. Kami, Pemerintah Desa hanya sebagai pembina saja. Kalaupun ada dana dari Pemerintah Desa, itu hanya sedikit. Kegiatan hari ini adalah awal yang baik. Nanti setelah dievaluasi, bisa jadi tahun tahun ke depan akan kami selenggarakan secara rutin dan pendanaan dari APBDes juga akan ditambah.” jelas Suhartono.(Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply