Mengurus Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) Bisa Secara On Line Dari Rumah

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Klaten dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P), Eko Prasetyo hari Jum’at (10/11/2023) menyelenggarakan kegiatan  Public Hearing, Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Klaten Tentang Pembangunan Gedung dengan
narasumber Agus Susanto, dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Klaten bertempat di rumah kediaman desa Bakung kecamatan Jogonalan kabupaten Klaten.

Kegiatan Public Hearing hari ini menghadirkan sekitar seratus orang yang terdiri dari para tokoh masyarakat, tokoh agama dari seluruh desa Bakung kecamatan Jogonalan kabupaten Klaten.

Dalam kata sambutannya, Eko Prasetyo menyampaikan, pentingnya bagi warga masyarakat yang akan mendirikan bangunan rumah tinggal maupun bangunan untuk berusaha agar mengurus ijin terlebih dahulu kepada pemerintah demi menjamin keamanan dalam pemanfaatan bangunan tersebut.

” Kita sudah belajar dari musibah bencana gempa bumi di wilayah kita pada Mei tahun 2006 yang lalu. Dimana banyak rumah yang roboh karena struktur bangunan yang tidak memenuhi syarat kelayakan untuk dijadikan sebagai tempat hunian. Maka dari itu, saat ini saya hadirkan staf dari DPUPR Kabupaten Klaten untuk menjelaskan bagaimana proses mengajukan ijin pembangunan rumah tinggal maupun gedung tempat berusaha yang secara tehnis sudah memenuhi persyaratan untuk tinggal..” jelas Eko Prasetyo.

Selanjutnya Agus Susanto menjelaskan, saat ini Pemerintah Kabupaten Klaten sedang menyusun Rancangan Peraturan Daerah tentang Persetujuan Bangunan Gedung sebagai ganti dari Perda nomor 15 tahun 2011.

Bila di dalam Perda nomor 15 tahun 2011 itu kita masih mengenal Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Yang dalam proses pengajuannya kita lakukan sebelum kita melakukan proses pembangunan rumah atau gedung. Dan proses pengajuannya pun kita lakukan dengan manual. Kita harus datang ke kantor DPUPR dengan membawa berbagai berkas persyaratan.

Tetapi di dalam Rancangan Perda tentang  Persetujuan Bangunan Gedung ini, kita tidak lagi memakai kata ijin mendirikan bangunan (IMB) tetapi kita akan gunakan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Dan nantinya kita tidak lagi harus datang ke kantor DPUPR. Kita bisa mendaftarkan pengajuan ijin persetujuan bangunan gedung tersebut secara on line dari rumah kita sendiri.

” Terlebih dahulu kita siapkan berkas/dokumen  persyaratan administrasi tentang bangunan gedung yang kita bangun. Kemudian discan agar menjadi file yang kemudian didaftarkan secara online ke website simbgdpu.go.id…” jelas Agus Susanto

Setelah didaftarkan secara online, kemudian berkas berkas pendaftaran tersebut diverifikasi oleh Tim Tekhnis di DPUPR selama 28 hari kerja. Bila dalam berkas persyaratan tersebut ditemukan kekurangan maka pemohon diberi kesempatan untuk memperbaiki berkas pendaftarannya tersebut, lanjutnya.

Adapun Tim Tekhnis di DPUPR menurut Agus Susanto, adalah para akademisi dari perguruan tinggi yang dikontrak oleh DPUPR untuk melakukan analisa tehnis mengenai struktur bangunan yang diajukan oleh pemohon. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply