Melalui Forum “Jum’at Curhat” Kapolres Klaten, Akhirnya Persoalan Sampah Di TPS Pasar Genthongan Terselesaikan

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Permasalahan sampah di Pasar Genthongan, desa Gemblegan kecamatan Kalikotes menjadi pokok pembahasan pada kegiatan “Jum’at Curhat” Kapolres Klaten, AKBP Warsono hari Kamis (31/8/2023) di dukuh Genthongan desa Gemblegan pagi ini.

Seperti diketahui, sempat terjadi penumpukan sampah di Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) di Pasar Genthongan. Tumpukan sampah tersebut menjadi persoalan dan menimbulkan bau tidak sedap bagi warga di sekitar TPS Pasar Genthongan itu.

Hal ini terjadi karena di samping para pedagang pasar Genthongan yang membuang sampah di TPS Pasar, juga warga sekitar pasar ikutan membuang sampah di TPS tersebut.

Penyebab menumpuknya sampah di TPS Pasar Genthongan adalah lokasi TPS sulit diakses oleh armada truk sampah. Untuk membersihkan sampah di TPS tersebut perlu “dilansir” terlebih dahulu dengan gerobak.

Mengetahui hal itu, kemudian Kapolres Klaten, AKBP Warsono langsung berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Klaten, Kodim 0723/Klaten, Pemerintah Kecamatan Kalikotes dan Pemerintah Desa Gemblegan untuk memecahkan persoalan sampah di Pasar Genthongan tersebut.

Hasil dari koordinasi pihak pihak terkait tersebut antara lain, pada hari Kamis pagi Polres Klaten  dan Kodim 0723/Klaten serta Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Klaten menerjunkan sekitar 50 personil untuk membersihkan tumpukan sampah di TPS Pasar Genthongan yang kemudian diangkut oleh enam armada truk dari Dinas Lingkungan Hidup untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Troketon Pedan.

Kemudian untuk penyelesaian jangka panjang, disepakati bahwa Pemerintah Desa Gemblegan akan membuat Perdes tentang pengelolaan sampah di desa Gemblegan. Dengan berdasar Perdes tersebut kemudian Pemerintah Desa Gemblegan akan membangun Tempat Penampungan Sampah (TPS) Sementara yang terpisah antara TPS untuk para Pedagang di Pasar Genthongan dan juga TPS Sampah untuk warga dukuh Genthongan yang mudah diakses oleh kendaraan pengangkut sampah.

Disamping itu, instansi terkait yaitu Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Klaten akan memberikan advokasi atau sosialisasi mengenai pengelolaan sampah kepada para pedagang pasar Genthongan maupun kepada warga masyarakat.

” Sebagai solusi jangka pendek, kita menawarkan kerjasama antara Pemerintah Desa Gemblegan dengan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Bank Sampah 3 R di desa Kalikotes untuk penampungan sampah warga dukuh Genthongan dan juga sampah pada pedagang pasar Genthongan.” ungkap Kabid Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Klaten, Sriyanto.

Di samping Kapolres Klaten, AKBP Warsono, hadir dalam pertemuan Jum’at Curhat pagi ini adalah Plt.Camat Kalikotes, Veronica Retno Setyaningsih, Kapolsek Kalikotes, AKP Widodo, Danramil Kota, Kapten Inf.Mustofa, Kabid Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Klaten, Sriyanto dan Kepala Desa Gemblegan, H. Waluyo serta perwakilan dari pedagang pasar dan tokoh masyarakat setempat. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply