Kunjungi Klaten, FKUB Kota Banjar Studi Tiru Pembentukan PKUB Klaten

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya menerima kunjungan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (26/6/2024). Kunjungan tersebut dalam rangka studi tiru pembentukan Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) tingkat desa dan kecamatan yang diinisiasi oleh FKUB Kabupaten Klaten.

Rombongan FKUB Kota Banjar diterima di Ruang Rapat Utama B2 Setda Klaten. Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Klaten didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Klaten, Anif Solikhin, Ketua FKUB Klaten KH Syamsudin Asrofi beserta pengurus, serta perwakilan OPD terkait.

Plt Ketua FKUB Banjar, Endang Syarif Hidayat menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan tersebut adalah untuk bertukar pengalaman terkait pembentukan PKUB tingkat desa dan kecamatan. Menurutnya keberadaan PKUB tingkat desa dan kecamatan di Kabupaten Klaten ini selaras dengan program kampung moderatisasi beragama di Kota Banjar.

“Maksud kedatangan kami di Klaten yaitu untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman dalam pembentukan PKUB tingkat desa dan kecamatan di Kabupaten Klaten. Dalam kesempatan ini, kami bermaksud untuk mengadopsi program yang bisa kami terapkan dalam program kampung moderatisasi beragama yang saat ini sedang kami susun,” ungkapnya.

Endang mengatakan keberadaan PKUB di 401 desa dan kelurahan serta 26 kecamatan di Kabupaten Klaten ini merupakan salah satu bentuk keberhasilan dalam upaya menjaga kerukunan umat beragama di daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya menyampaikan keberadaan PKUB tingkat desa dan kecamatan di Kabupaten Klaten berperan besar dalam menjaga kondusivitas wilayah. Khususnya, menurut Wakil Bupati, saat pelaksanaan Pilkades serentak hingga Pemilu 2024.

“PKUB desa dan kecamatan memiliki peran penting dalam menjaga kondusivitas masyarakat selama pelaksaan pesta demokrasi di Kabupaten Klaten, baik Pilkades serentak hingga Pemilu 2024. Selama pelaksanaannya tidak ada isu SARA yang beredar di masyarakat,” paparnya.

Usai ramah tamah, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan program PKUB tingkat desa dan kecamatan oleh FKUB Kabupaten Klaten. (Ist/Kominfo-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply