Ketua FKUB Klaten, Syamsuddin Asyrofi :  ” Sarasehan  Kerukunan Sebagai Ikhtiar Merawat

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Kantor Wilayah ( Kanwil )  Kementerian Agama ( Kemenag ) Provinsi Jawa Tengah  menggelar Sarasehan Kerukunan di  aula Desa Jetis Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten, Jum’at (17/11/2023 ). 

Sejumlah tokoh hadir pada acara yang mengusung tajuk “Sinau Merawat kerukunan Antar Umat Beragama  tingkat RT” di aula Kantor Desa Jetis Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten.

Dikatakan bahwa  para tokoh lintas agama, budayawan, pengurus FKUB dan hadirin lainnya menilai pentingnya sarasehan kerukunan ini untuk mewujudkan masyarakat yang aman dan kondusif.

Ketua FKUB Klaten ini mengapresiasi kegiatan sarasehan kerukunan sebab dapat memupuk keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama.  

Syamsuddin berharap narasumber akan menyampaikan sejarah bangsa Indonesia, bagaimana bela bangsa dan Negara serta menyampaikan empat  pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Pancasila sebagai ideologi bangsa, UUD 1945 sebagai aturan dan pedoman bangsa, pilar ketiga NKRI sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sudah tidak bisa ditawar lagi bahwa NKRI harga mati dan pilar keempat Bhineka Tunggal Ika,” katanya.

Syamsuddin juga mengajak dimanapun tempatnya, setiap mayoritas harus bisa merangkul minoritas. Kalau mayoritas dapat merangkul minoritas maka akan aman, nyaman dan kondusif.

“Indonesia harus menjadi negeri yang damai, pemerintah harus tegas, mana kegiatan-kegiatan agama dan mana kegiatan yang bersifat merusak persatuan.  NKRI harus kita hormati dan dijaga, dengan tetap merawat kerukunan antar umat beragama” katanya. 

Para tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat menurut Syamsuddin  diharapkan menjadi garda terdepan menjaga kerukunan antar umat beragama di masyarakat. (Moch.Isnaeni)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply