Kecamatan Kalikotes Ikut Meriahkan Karnaval Budaya Dengan Mengusung Tema Seni Wayang Orang

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Masih dalam Rangkaian peringatan hari jadi kabupaten Klaten ke 219 dan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78, hari Sabtu (19/8/2023) siang, Pemerintah Kabupaten Klaten menyelenggarakan Karnaval Budaya yang dilakukan di sepanjang jalan Pemuda kota Klaten dan diikuti oleh 30 peserta karnaval yang terdiri dari 26 kecamatan dan 4 lembaga maupun organisasi masyarakat.

Pemerintah kecamatan Kalikotes sebagai wilayah kecamatan yang turut berpartisipasi dalam Karnaval Budaya hari ini menampilkan potensi seni dan budaya tradisional yang tumbuh dan berkembang di masyarakat kecamatan Kalikotes yaitu seni wayang orang yang ada di desa Krajan dan seni angklung oleh  siswa dan guru SMP Negeri 1 Kalikotes.

Plt. Camat Kalikotes, Veronica Retno Setyaningsih kepada Lintassolorayanews.com saat akan melepas kontingen peserta karnaval perwakilan kecamatan Kalikotes di Pendopo Kantor kecamatan Kalikotes menjelaskan, Pemerintah Kecamatan Kalikotes turut berpartisipasi dalam ajang Karnaval Budaya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten dalam rangka rangkaian acara peringatan hari jadi kabupaten Klaten ke 219 dan juga peringatan hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78.

” Dalam acara karnaval budaya hari ini, kecamatan Kalikotes menampilkan kesenian tradisional wayang orang. Dimana para peraganya adalah para perangkat desa dari seluruh desa di kecamatan Kalikotes dan staf pemerintah kecamatan.  Dan saya sendiri akan memperagakan tokoh Arimbi. Selain itu, kami juga disupport oleh segenap civitas akademika SMP Negeri 1 Kalikotes yang akan menunjukkan kebolehannya dalam bermain angklung…” kata Veronica Retno Setyaningsih.

Selain menampilkan kesenian wayang orang dan musik angklung, kecamatan Kalikotes pada kesempatan mengikuti karnaval kali ini juga akan mempersembahkan seni tari yang dilakukan oleh siswa Sekolah Dasar, dan pada saat menari tersebut, penari akan mempersembahkan telur ayam arab dan sayuran dan hasil bumi kepada ibu bupati, Hj. Sri Mulyani.

” Telur ayam arab tersebut merupakan produk dari seorang peternak ayam arab di desa Krajan, sementara sayuran segar dan hasil bumi kita petik dari rumah agroponik “Tirta Arum” desa Kalikotes..” jelas Veronica Retno.

Selanjutnya Veronica Retno Setyaningsih juga mengungkapkan, pada karnaval budaya kali ini, kecamatan Kalikotes mengangkat ikon kecamatan Kalikotes yang berupa replika ikan “Kotes”. Ikan Kotes yang menurut penuturan warga masyarakat, dulu banyak terdapat di setiap aliran sungai (kali) yang mengalir di wilayah kecamatan Kalikotes. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply