Hari Ini RSST Klaten Gelar Pap Smear Deteksi Dini Kanker Serviks Gratis Kepada 100 Ibu Ibu

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan melakukan deteksi dini terhadap kanker serviks (kanker leher rahim) di kalangan ibu ibu, Rumah Sakit Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten hari Rabu (27/9/2023) menyelenggarakan “Pap Smear” deteksi dini kanker serviks secara gratis bertempat di Polyklinik Obsgyn RSST Klaten.

Plt. Direktur RSST Klaten, dr. Endang Widyaswati, M.Kes. dalam sambutannya mengatakan, didasari rasa keprihatinan yang mendalam akan tingginya angka penderita kanker serviks di Jawa Tengah yang menduduki rangking kedua setelah Daerah Istimewa Yogyakarta, maka sesuai dengan amanah dari pemerintah dalam hal Kementrian Kesehatan,  agar semua rumah sakit di Indonesia berusaha meningkatka derajat kesehatan masyarakat dengan senantiasa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Salah satu wujud peningkatan pelayanan terhadap warga masyarakat tersebut adalah pada hari ini, Rabu tanggal 27 September tahun 2023 Polyklinik Obsgyn Rumah Sakit Dr. Suradji Tirtonegoro Klaten menyelenggarakan “Pap Smear” gratis kepada sekitar 100 ibu ibu dati seluruh wilayah kabupaten Klaten yang akan dilayani pemeriksaan kesehatan dan deteksi dini terhadap penyakit kanker serviks.

Sebenarnya pihak rumah sakit, menurut dr. Endang Widyaswati sudah melakukan berbagai kegiatan sebagai upayapeningkatan pelayanan dan kepedulian rumah sakit dengan upaya deteksi dini terhadap kanker serviks ini sudah setahun yang lalu.

” Ibu ibu yang pada hari ini datang ke sini (Polyklinik Obsgyn) dan dilakukan pemeriksaan, semoga tidak terdeteksi mengudap kanker serviks. Tetapi bila dari pemeriksaan tersebut ibu terdeteksi adanya kanker serviks, makan selanjutnya dokter akan mengarahkan tindakan apa selanjutnya. Semoga pelayanan terhadap masyarakat dengan “Pap Smear” gratis hari ini menjadi berkah bagi kita semua..” ungkap dr. Endang Widyaswati.

Sementara salah seorang ibu warga  Girimulyo Gergunung, Galuh Mustikawati menyatakan berterima kasih sekali kepada Rumah Sakit Dr. Suradji Tirto negoto Klaten yang telah menyelenggarakan Pap Smear secara gratis ini.

” Usia saya saat ini baru 29 tahun, ketika saya memeriksakan kondisi perut saya yang mual muak di sebuah klinik kesehatan, untuk melakukan pemeriksaan deteksi  dini penyakit kanker serviks bagi wanita di bawah usia 30 tahun, dikenakan biaya sampai 500 ribu. Lha ini di RSST ada pemeriksaan gratis. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Rumah Sakit Dr. Suradji Tirtonegoro.   (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply