Hari Ini Dikirim 10 Truk Tangki Bantuan Air Bersih Untuk Warga Lima Desa Di Kemalang Dari Mahasiswa Baru Unwidha Klaten

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Aksi Universitas Widya Dharma Klaten Peduli hari ini, Kamis (21/9/2023) adalah kegiatan pengabdian pada masyarakat oleh para mahasiswa baru yang sedang mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di kampus Universitas Widya Dharma Klaten yang berupa kegiatan pemberian bantuan air bersih sebanyak 10 truk tanki air untuk sebanyak lima desa di wilayah kecamatan Kemalang kabupaten Klaten dan juga gerakan penghijauan berupa penanaman pohon di kawasan lereng gunung Merapi.

Kegiatan ini, menurut Wakil Rektor 2 Unwidha Klaten, Purwo Haryono dapat terlaksana berkat jalinan kerjasama antara Unwidha dengan pihak pihak terkait yaitu Organisasi Sosial Dompet Sejuta Harapan (DSH) Klaten, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah 10, Surakarta dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten.

Lebih lanjut Purwo Haryono yang mewakili Rektor Unwidha, Prof. Triyono menyatakan, pada tahun ajaran 2023/2024 ini Universitas Widya Dharma menerima mahasiswa baru sebanyak 870 orang. Mahasiswa baru pada program profesi guru sebanyak 464 orang, dan sisanya mahasiswa reguler di berbagai program studi.
” Para mahasiswa baru ini mengikuti Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi para mahasiswa baru agar dapat segera beradaptasi dengan kehidupan dunia kampus dan mengenal sistem pendidikan di perguruan tinggi…” jelas Purwo Haryono.

Sementara Rujedy dari BPBD Kabupaten Klaten menyatakan terima kasih, dunia pendidikan dalam hal ini Universitas Widya Dharma Klaten telah ikut berpartisipasi dalam memberikan bantuan air bersih kepada warga yang mengalami kekeringan di daerah kecamatan Kemalang.

” Sebagaimana kita dengar informasi dari BMKG bahwa musim kemarau tahun ini diperkirakan berlangsung sampai bulan Desember. Sementara warga masyarakat di daerah rawan kekeringan sudah sangat perlu bantuan air bersih. BPBD Kabupaten Klaten sendiri sudah memberikan bantuan air bersih kepada warga masyarakat di beberapa wilayah kecamatan sebanyak 477 tangki air, dan akan terus memberikan bantuan air bersih selama belum turun musim hujan di daerah rawan kekeringan tersebut..” ungkap Rujedy.

Ketua Organisasi Sosial Dompet Sejuta Harapan (DSH) Klaten, Ustadz Danu juga menyatakan, selain ikut terlibat dalam aksi Universitas Widya Dharma Klaten Peduli hari ini,  DSH selama musim kemarau tahun ini juga sudah melakukan aksi sosial berupa pemberian bantuan air bersih kepada warga masyarakat di wilayah rawan kekeringan seperti kecamatan Kemalang, kecamatan Jatinom, kecamatan Bayat dan kecamatan Karangdowo sebanyak 43 tangki air.

Terlihat hadir pada kegiatan pelepasan bantuan air bersih bagi warga kecamatan Kemalang di kampus Unwidha hari ini seluruh pejabat utama Universitas Widya Dharma Klaten, Ketua DSH Klaten, Perwakilan dari BPBD Kabupaten Klaten dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah 10 Surakarta. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply