Hadapi Musim Hujan, Kecamatan Kalikotes Siaga Tanggap Bencana

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Menghadapi datangnya musim hujan yang biasanya disertai dengan angin ribut, Pemerintah Kecamatan Kalikotes  bersama Polsek Dan Koramil serta Pemerintah Desa dari seluruh wilayah kecamatan Kalikotes dan Forum Relawan Kalikotes (Foreka) hari Rabu (1/11/2023) melaksanakan Rapat Koordinasi Siaga Bencana di Pendopo Kantor kecamatan Kalikotes.

Hadir sebagai narasumber pada Rapat Koordinasi tersebut adalah Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Nur Tjahyono.

Dalam paparannya, Nur Tjahyono menjelaskan dalam rangka menghadapi datangnya musim penghujan yang biasanya disertai dengan adanya angin ribut maka diperlukan antisipasi pencegahan adanya pohon tumbang yang bisa mengakibatkan korban pada warga masyarakat. Untuk itulah perlu dilakukan koordinasi antar stake holder di wilayah kecamatan Kalikotes untuk melakukan kegiatan antisipasi pencegahan musibah atau bencana alam yang berakibat pada warga masyarakat.

Dalam koordinasi tersebut dibahas seputar persiapan mengenai sarana dan prasarana apa saja yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.
Dalam rapat koordinasi hari ini ada dua program utama yang direncanakan dalam mengantisipasi datangnya musim hujan dan angin yaitu kegiatan apel siaga relawan se kecamatan Kalikotes sebagai langkah pertama persiapan pelaksanaan kegiatan.

Camat Kalikotes, Kliwon Yoso kepada Lintassolorayanews.com menjelaskan, hari ini dilaksanakan Rapat Koordinasi Siaga Bencana Kecamatan Kalikotes. Rapat Koordinasi dihadiri oleh Unsur unsur Forkopimcam, Kepala Puskesmas Kalikotes, Kepala SMPN 1 Kalikotes, seluruh Kepala Desa se kecamatan Kalikotes dan relawan dari seluruh wilayah kecamatan Kalikotes.

Dalam rapat koordinasi ini adalah upaya  konsolidasi kesiapan pemerintah kecamatan beserta pemerintah desa yang didukung oleh para relawan di dalam menghadapi datangnya musim penghujan yang biasanya disertai dengan angin puting beliung maupun banjir.

Dari pembahasan tentang persiapan tersebut kemudian diprogramkan akan ada dua kegiatan yaitu  apel siaga relawan kecamatan Kalikotes dan kegiatan pemangkasan pohon di pinggir jalan di seluruh wilayah kecamatan Kalikotes yang sekiranya  membahayakan warga masyarakat.

Salah seorang relawan kecamatan Kalikotes yang juga Kepala Desa Jogosetran, Supriyadi menyatakan, relawan kecamatan Kalikotes siap melaksanakan kegiatan tanggap bencana.

” Relawan kecamatan Kalikotes siap mengantisipasi datangnya musim hujan, kita akan laksanakan kegiatan tanggap bencana dengan pemangkasan pohon pohon di pinggir jalan yang kemungkinan akan membahayakan warga masyarakat sebagai upaya antisipasi bencana.” ungkap Supriyadi.(Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply