FKUB Klaten Dorong PKUB Kecamatan Kemalang Munculkan Kesadaran Kerukunan Berbasis Kerelawanan

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Munculnya kesadaran akan kerukunan hidup beragama di dalam warga masyarakat yang berbasis sesuai dengan potensi yang ada dan dimiliki oleh suatu lingkungan tempat tinggal masyarakat, akan makin mempercepat tercapainya visi misi pemerintah kabupaten Klaten yaitu menjadikan warga masyarakat Klaten yang maju, mandiri dan sejahtera.

Demikian rangkuman dari forum pembinaan PKUB Kecamatan dan PKUB Desa se kecamatan Kemalang oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten hari Selasa (19/9/2023) di aula kantor kecamatan Kemalang.

Forum pembinaan PKUB Kecamatan dan PKUB Desa di kecamatan Kemalang hari ini, menurut Ketua FKUB Kabupaten Klaten, KH. Syamsudin Asrofi adalah merupakan tindak lanjut dari pengukuhan PKUB kecamatan dan PKUB Desa se kabupaten Klaten oleh Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani pada bulan November tahun 2022 yang lalu di Stadion Trikoyo Klaten.

Dengan adanya pembinaan ini, PKUB Kecamatan maupun PKUB Desa didorong untuk muncul kesadaran kerukunan yang berbasis pada hajat hidup orang banyak dengan menggali potensi yang dimiliki oleh daerah setempat dan dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan warga masyarakat.

” Bila di wilayah Ponggok Polanharjo, di sana potensi perikanan yang menonjol maka kita mendorong kesadaran kerukunan umat beragama berbasis usaha perikanan. Kemudian di Jatinom, disana kita dorong masyarakat muncul kesadaran kerukunan berbasis budaya karena di sana ada tradisi budaya ya qowiyyu…” jelas KH Syamsudin Asrofi.

Sementara dalam forum hari ini diketahui bahwa wilayah kecamatan Kemalang berada di daerah rawan bencana letusan gunung merapi. Dan potensi yang dimiliki oleh warga masyarakat adalah bentuk kerelawanan dalam menghadapi suatu bencana. Maka PKUB kecamatan maupun PKUB desa di kecamatan Kemalang ini kita dorong untuk munculnya kesadaran kerukunan yang berbasis relawan.

” Dalam suatu aksi kerelawanan akan muncul kesadaran kerukunan hidup beragama. Seorang relawan akan membantu siapa pun yang membutuhkan bantuan, tanpa melihat apa latar belakang orang yang membutuhkan bantuan..” lanjut KH. Syamsudin Asrofi.

Sementara Camat Kemalang, Joko Krismanto menyatakan senang dan menyambut baik adanya forum pembinaan PKUB yang dilaksanakan di kantor kecamatan Kemalang hari ini.

” Saya berharap forum pembinaan PKUB seperti ini tidak berhenti sampai di sini saja, tetapi harus ada keberlanjutan. Paling tidak empat bulan sekali, dilakukan pembinaan PKUB  seperti ini. Dan kami siap memfasilitasi kegiatan ini..” ungkap Joko Krismanto.
Terkait potensi yang dimiliki wilayah kecamatan Kemalang, Joko Krismanto mengatakan, wilayah kecamatan Kemalang yang berada di daerah rawan bencana ini memunculkan kesadaran warga untuk saling bantu membantu saat menghadapi bencana. Hampur di seluruh desa di kecamatan Kemalang ini ada kelompok relawan kebencanaan. Begitu juga di tingkat kecamatan juga ada forum komunikasi relawan.

” Di dalam kelompok relawan, baik itu desa maupun tingkat kecamatan muncul kesadaran kerukunan hidup beragama secara spontan. Para relawan tersebut berkelompok meski latar belakangnya berbeda beda. Kepada orang yang dibantu, para relawan tersebut juga tidak pandang bulu apa pun latar belakangnya…” pungkas Joko Krismanto.

Forum Pembinaan PKUB Kecamatan dan PKUB Desa di kecamatan Kemalang hari ini selain dihadiri oleh pengurus FKUB Kabupaten Klaten, juga tampak hadir Camat Kemalang, Joko Krismanto, Kapolsek Kemalang, AKP Suharto, Perwakilan dari Koramil Kemalang dan sekitar 125 orang pengurus PKUB Desa se kecamatan Kemalang dan pengurus PKUB Kecamatan Kemalang. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply