Di Acara Sambang Warga ketujuh, Bupati Sanggupi Berikan Bantuan Pembangunan Pasar Pokoh Desa Menden

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Bertempat di bangunan shelter pengungsi  bahaya letusan gunung Merapi desa Senden kecamatan Kebonarum, hari Rabu (9/8/2023) bupati Klaten Hj. Sri Mulyani melaksanakan kegiatan “Sambang Warga” untuk yang ketujuh kali pasca pandemi Covid 19 tahun 2020.

Bupati tiba di lokasi sekitar jam 10:30 dan disambut oleh Plt. Camat Kebonarum, Murdoko, Kepala Desa Menden, Sriyanto Ali, Forkopimcam Kecamatan Kebonarum, seluruh Kepala Desa se wilayah kecamatan Kebonarum.

Sementara bupati dalam kegiatan Sambang warga di desa Menden hari ini diikuti oleh Wakil bupati Klaten, Yoga Hardaya, anggota DPRD provinsi Jawa Tengah dari Fraksi PDI P, Stephanus Sukirno, anggota DPRD Kabupaten Klaten dari Fraksi PDI Perjuangan yaitu Agus Riyanto, Widodo Gendhut dan seorang Calon Anggota Legislatif dari PDI P Jekri Supriyanto serta pejabat teras di lingkungan Pemkab Klaten dan seluruh kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten.

Dalam laporan di hadapan bupati, Kepala Desa Menden Sriyanto Ali menyampaikan berbagai potensi yang dimiliki oleh desa Menden antara lain di bidang seni dan budaya bahwa desa Menden memiliki kesenian tradisional Jathilan dengan nama Turonggo Mudo Wisnu Murti. Selanjutnya di bidang ekonomi, desa Menden memiliki pasar desa yaitu Pasar Pokoh yang membutuhkan bantuan keuangan dari bupati agar pasar bisa berkembang maju sehingga menghasilkan Pendapatan Asli Desa sebagai masukan buat pembangunan desa.

Kepala Desa Menden, Sriyanto Ali juga menyinggung soal kondisi lalu lintas di jalan raya yang melewati desa Menden yang kendaraan ketika lewat cenderung dalam kecepatan tinggi sehingga sering terjadi kecelakaan. Terkait hal ini Sriyanto Ali meminta dinas perhubungan untuk memasang rambu rambu lalu lintas dan juga polisi tidur di perempatan pasar Pokoh dan perempatan dukuh Prayan.

Kemudian Sriyanto Ali juga berharap bupati memberikan bantuan jaminan perlindungan kesehatan bagi warganya yang kurang mampu saat menjalani perawatan di rumah sakit.

Kemudian dalam kata sambutannya, bupati Hj. Sri Mulyani menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh warga kecamatan Kebonarum yang telah menciptakan situasi yang kondusif selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2023 yang berjalan lancar, aman dan sukses.

Menanggapi permintaan Kepala desa Menden terkait bantuan keuangan untuk pembangunan pasar Pokoh, akan diusahakan dalam APBD murni tahun 2024 akan dianggarkan sebanyak kurang lebih Rp. 1,2 milyar untuk membangun pasar Pokoh. Dengan catatan, apabila nantinya pasar Pokoh sudah dibangun dengan dana APBD Kabupaten maka pasar tersebut menjadi milik Pemerintah Kabupaten yang berlokasi di desa Menden.

Terkait bantuan jaminan perlindungan kesehatan bagi warga, Pemerintah Kabupaten Klaten juga sudah menganggarkan untuk mengkover warga masyarakat kurang mampu yang  terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tetapi tidak terkover BPJS KIS dari Pemerintah Pusat.

” Warga yang mendapat perawatan Inap di rumah sakit yang tidak memiliki kartu BPJS KIS bisa mendapatkan jaminan perlindungan kesehatan dari Pemkab yang bernama Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dengan melengkapi syarat surat keterangan dari Kepala Desa, Camat dan surat keterangan menjalani rawat inap dari Rumah Sakit..” ungkap bupati. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply