Dengan Menggali dan Mengembangkan Potensi Yang Dimiliki Desa Granting, Sri Kuncoro Akan Membawa Desa Granting Menjadi Desa Yang Kuncoro

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Akan melakukan sinergi dengan berbagai pihak dalam menggali semua potensi yang dimiliki desa Granting yang selanjutnya akan diberdayakan sebesar besarnya bagi kesejahtraan warga desa Granting. Itulah yang menjadi visi misi dan program kerja Kepala Desa Granting yang baru, Sri Kuncoro dalam sambutannya pada acara serah terima jabatan Kepala Desa Granting dari Pj. Kepala Desa, Joko Pranoto kepada Kepala Desa Granting yang baru, Sri Kuncoro hari Jum’at (29/9/2023) di aula kantor desa setempat.

Sebagai informasi, Sri Kuncoro merupakan Kepala Desa terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Klaten tahap 2 tahun 2023 di desa Granting kecamatan Jogonalan pada hari Rabu (26/7/2023) yang lalu, setelah mengalahkan empat calon kepala desa lainnya yang ikut dalam kontestasi tersebut.

Kemudian bersama 66 kepala desa terpilih lainnya dari 22 wilayah kecamatan se kabupaten Klaten, pada hari Rabu (27/9/2023) Sri Kuncoro dilantik oleh bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani di Pendopo Pemerintah Kabupaten Klaten.

Kepada Lintassolorayanews.com, di sela sela acara serah terima jabatan, Sri Kuncoro menjelaskan, sebagai langkah awal dalam memimpin pemerintah desa Granting dirinya akan melanjutkan program kerja yang sudah direncanakan oleh pejabat kepala desa sebelumnya. Sebagai Kepala Desa, dirinya akan selalu melakukan koordinasi dengan para perangkat desa sebelum membuat suatu keputusan. Selanjutnya dirinya juga akan melibatkan para tokoh masyarakat, Ketua RT/RW serta BPD dalam merencanakan program kerja ke depan.

Adapun dalam jangka menengah ke depan, Sri Kuncoro akan menggali potensi wisata budaya maupun religi yang dimiliki oleh Desa Granting. Seperti adanya tradisi kirab budaya pada acara tradisi sadranan di dukuh Gulungi, akan diangkat ke dalam skala lebih besar dimana pemerintah desa akan berperan lebih jauh dengan mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan kirab budaya tersebut.

Masih menurut Sri Kuncoro, adanya bangunan tempat ibadah berbagai umat beragama yang berada dalam satu lokasi, merupakan potensi wisata religi yang perlu dikembangkan untuk memperlihatkan adanya kerukunan hidup beragama di dalam masyarakat.

Selain itu, adanya aktifitas kelompok ternak sapi yang ada di desa Granting itu juga bisa dikembangkan sebagai wisata agro yang memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana mengembangkan ternak sapi dengan baik.

Dan yang utama adalah, dirinya akan melakukan upaya pencarian jejak sejarah awal berdirinya desa Granting, siapa tokoh yang menjadi pemimpin masyarakat desa Granting. Menurut Sri Kuncoro sejarah latar belakang berdirinya suatu desa sangat penting diketahui oleh warga masyarakat sebagai dasar landasan untuk bekerja membangun masyarakat menuju desa Granting yang “Kuncoro” atau bersinar. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply