Bupati Klaten Membuka Desk Pilkada Serentak 2024 Tingkat Kabupaten Klaten

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATENGuna menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024, Pemkab Klaten menggelar Sosialisasi Desk Pilkada Kabupaten Klaten Tahun 2024 di Pendopo Pemerintah Kabupaten Klaten, Selasa (25/06/2024)

Kegiatan yang mengusung tema “Mewujudkan Pilkada yang Inklusif” tersebut turut dihadiri oleh Bupati Klaten, Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Asisten Setda Kabupaten Klaten, Staf Ahli Bupati, Ketua KPU Kabupaten Klaten, Ketua Bawaslu Kabupaten Klaten, KeKepala OPD Kabupaten Klaten, Camat, komunitas-komunitas di Klaten, dan lainnya.

Kepala Bagian Kegiatan Pemerintahan Setda Kab. Klaten, Nur Tjahjono Suharto melaporkan kegiatan desk pilkada serentak 2024 tersebut bertujuan untuk menyebarluaskan pesan pilkada yang inklusi, meningkatkan partisipasi masyarakat Klaten untuk mengikuti pilkada, serta mewujudkan pilkada yang inklusi.
 
“Dapat kami laporkan, tujuan dari diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk menyebarluaskan pesan pilkada yang inklusif, meningkatkan partisipasi masyarakat Klaten untuk mengikuti pilkada, serta mewujudkan pilkada yang inklusif. Nantinya juga akan ada isian materi dari Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Ketua KPU Klaten dan Ketua Bawaslu Klaten. Kami harapkan para peserta dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya sehingga nanti pulang bisa langsung mensosialisasikan ke komunitas atau masyarakat sekitar,” jelasnya.
 

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan tanggal 27 November 2024, Indonesia akan menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota secara serentak. Sri Mulyani mengatakan Pemerintah Daerah mempunyai peran sangat penting diantaranya memberikan pendidikan politik kepada segenap warga masyarakat yang memiliki hak pilih. Oleh karena itu, dirinya bersama pihak terkait lain menyelenggarakan sosialisasi bagi perwakilan pemilih pemula, perempuan, komunitas dan lainnya.

“Untuk menyukseskan Pilkada Serentak tanggal 27 November 2024 mendatang, kami, Pemkab Klaten menyelenggarakan sosialisasi bagi masyarakat. Sosialisasi ini menjadi elemen penting dalam demokrasi. Pasalnya pemilih yang rasional menjadi ukuran kualitas demokrasi di suatu negara. Melalui kegiatan yang kita laksanakan ini, bisa memberikan pendidikan politik yang baik, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu/ hoaks dalam menentukan pilihannya. Selain itu juga untuk meminimalisir golput sekaligus merubah pola pikir tentang pentingnya memberikan hak suara di pemilihan umum nantinya,” tuturnya.
 
Sri Mulyani mengungkapkan berdasarkan data Daftar PemilihTetap (DPT), tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif Tahun 2024 di Kabupaten Klaten mencapai 87,14 persen diatas target nasional. Tingkat kehadiran pemilih pun terbilang tinggi yaitu 87,89 persen. Oleh karena itu, Sri Mulyani mengajak seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih untuk berkontribusi kegiatan sosialisasi dan pilkada 2024.
 

“Tingkat partisipasi pemilih di Klaten ini terbilang tinggi. Maka saya mengajak semua peserta untuk mengikuti dan berkontribusi dalam kegiatan ini, sehingga nantinya bisa menyampaikan kepada anggota masyarakat lain yang belum mengetahui arti penting dan fungsi dari keikutsertaan dalam partisipasi berpolitik dan tidak mudah terpecah belah terhadap berbagai masalah yang mungkin terjadi menjelang Pilkada,” imbuhnya.

Terakhir, Sri Mulyani berharap penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 dapat berlangsung aman, kondusif, jujur dan adil, berkualitas, berintegritas dan bermartabat. Sri Mulyani juga berpesan kepada seluruh masyarakat Klaten yang memiliki hak milik untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik dan cermat serta menghormati setiap perbedaan.
 
“Saya berharap Pilkada Serentak tahun 2024 di Kabupaten Klaten dapat berlangsung aman, kondusif,jujur dan adil; serta berkualitas, berintegritas dan bermartabat. Bagi pemilih pemula ini adalah kesempatan untuk memahami peran dalam memilih Pemimpin Daerah. Perempuan juga memiliki peran krusial dalam proses demokrasi, keterlibatan Perempuan dalam pemilihan akan memperkaya perspektif dan memastikan keadilan serta kesetaraan. Saya juga ingin mengajak kita semua untuk memperhatikan komunitas. Mari bersama-sama memastikan bahwa hak-hak yang kita miliki senantiasa dihormati dan kita memiliki akses yang sama dalam proses pemilihan,” pungkasnya.(Ist/Kominfo-klt)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply