Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani Panen Kedelai Di Tegalrejo Ceper

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani hari Selasa (10/10/2023) melakukan panen perdana tanaman  kedelai di desa Tegalrejo kecamatan Ceper  bersama Kepala Kantor Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah,  H. Musta’in Ahmad dan para pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten.

Sebagai informasi, sekitar tiga bulan yang lalu FKUB Kabupaten Klaten menjalin kerjasama dengan PT Java Agro Prima Yogyakarta melakukan budidaya tanaman kedelai di lahan seluas kurang lebih enam hektar di desa Tegalrejo kecamatan Ceper. Pada saat itu, bupati  Klaten Hj. Sri Mulyani yang melakukan  penanaman perdana kedelai bersama pengurus FKUB Kabupaten Klaten.

Menurut KH. Syamsudin Asrofi, Ketua FKUB Kabupaten Klaten, langkah FKUB Kabupaten Klaten melakukan penanaman kedelai ini sebagai salah satu upaya mewujudkan spirit kerukunan beragama yang didasarkan pada tujuan untuk mencapai kesejahteraan.

” Kita tidak bisa berceramah tentang kerukunan hidup beragama sementara kehidupan umat beragama masih belum sejahtera. Maka dari itu sambil kita meningkatkan upaya kerukunan hidup beragama yang dibarengi dengan upaya meningkatkan kesejahteraan mereka dengan potensi yang dimiliki pada suatu wilayah..” jelas KH. Syamsudin Asrofi.

Seperti diketahui, lanjut KH. Syamsudin Asrofi, di wilayah kabupaten Klaten ada berbagai potensi baik itu pertanian, kebudayaan, wisata. Semangat kerukunan di Klaten, oleh FKUB Klaten didasarkan pada potensi yang dimiliki oleh suatu wilayah. Misalnya, di wilayah kecamatan Ceper, yang memiliki potensi pertanian maka PKUB kecamatan Ceper berbasiskan pertanian yaitu dengan membudidayakan tanaman kedelai. Sementara di wilayah kecamatan Polanharjo, kerukunan yang dikembangkan berbasis budidaya perikanan, kemudian di wilayah kecamatan Prambanan kerukunan berbasis agrowisata, dan di kecamatan Jatinom kerukunan berbasis budaya.

Sementara bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para pengurus FKUB Kabupaten Klaten yang telah ikut dalam upaya menciptakan ketahanan pangan dengan melakukan budidaya tanaman kedelai.

” Semoga ke depan lahan yang ditanami kedelai semakin luas dan bulan hanya di kecamatan Ceper saja tetapi semakin meluas ke wilayah kecamatan lain.  Dengan begitu petani semakin sejahtera karena hasil panen kedelai ini sudah langsung terserap pasar ..” ungkap bupati. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply