Anggota DPRD Jateng, Hj. Kadarwati, SH.MH : ” Alunan Musik Tembang Jawa Itu Membuat Jiwa Tenang, Emosi Hilang..”

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Dalam rangka menyambut datangnya tahun baru Islam 1 Muharam 1446 H atau tahun Jawa 1 Suro, anggota Fraksi PDI Perjuangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah dari Daerah Pemilihan Jateng VII, Hj. Kadarwati, SH.MH melaksanakan kegiatan sarasehan bersama warga desa Sabranglor, kecamatan Trucuk kabupaten Klaten bertempat di gedung pertemuan desa Sabranglor pada hari Senin (8/7/2024) malam.

Sarasehan pada hari ini mengambil tema ”  Menghidupkan Warisan Budaya Bangsa, Musik Jawa Campur Sari”.

Kepada Lintassolorayanews.com Hj. Kadarwati, SH.MH menyatakan, kita peringati tahun baru Islam 1 Muharam 1446 H sekaligus tanggal 1 Suro di tahun Jawa. Dengan semangat ingin membuat suasana tetap sejuk, nyaman maka warga masyarakat kita suguhi alunan musik irama Jawa, campur sari.

Menurut Kadarwati,  musik atau Gending Jawa itu perlu dibangkitkan kembali karena dengan mendengar tembang Jawa, emosi seseorang bisa terkendali.

” Ketika kita mendengarkan tembang Jawa, jiwa kita jadi lebih tenang. Emosi kita juga terkendali. Maka dari itu kita ingin bangkitkan kembali musik atau tembang Jawa di kalangan generasi muda. Kalau generasi muda dengarnya musik yang keras, mereka jadi mudah emosi , mudah marah. ..” jelas Kadarwati.

” Di dalam alunan musik irama Jawa ini kita terbawa kepada suatu ketenangan, kenyamanan tanpa ada emosi. Di samping itu, di dalam musik Jawa juga ada unsur semangat yang menyala nyala. Misalnya dalam lagu atau tembang gugur gunung yang mengajak kita untuk bekerja gotong royong…” lanjut Kadarwati.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya pelestarian seni budaya tradisional tembang tembang Jawa yang dilaksanakan oleh anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Hj. Kadarwati, SH.MH. (Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply