6.331 Buruh Tani Tembakau Dan Buruh Pabrik Rokok Legal Di Klaten Terima BLT DBHCHT Tahun 2023

 DAERAH

LINTASSOLORAYANEWS.COM / KLATEN – Sebanyak 6.331 buruh tani tanaman tembakau dan buruh pabrik rokok legal yang ada di wilayah kabupaten Klaten hari Senin (25/9/2023) menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BLT DBHCHT) tahun 2023 yang diserahkan oleh bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani di Pendopo Kantor Pemerintah Kabupaten Klaten, Jalan Pemuda Selatan.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak  Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3APPKB) Pemkab Klaten, Muh. Nasir dalam laporannya menyampaikan, guna mengurangi beban kehidupan para buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok legal yang saat ini berkurang aktifitas dalam bidang pertembakauannya, maka pemerintah memberikan bantuan langsung tunai yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) sebesar Rp. 7.597.200.000,- yang rinciannya setiap bulan masing masing menerima Rp. 300.000,- dan saat ini yang diterimakan selama jangka waktu selama empat bulan yaitu masing masing menerima Rp. 1.200.000,- yang dimasukkan langsung ke rekening tabungan masing masing penerima.

Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani dalam kesempatan tersebut menjelaskan, warga yang hadir di Pendopo Pemkab hari ini adalah perwakilan dari sebanyak 6.331 buruh tani tembakau dan atau buruh pabrik rokok legal dari 18 wilayah kecamatan di kabupaten Klaten yang memiliki potensi pertanian tanaman tembakau.
Selanjutnya bupati berharap semoga bantuan langsung tunai DBHCHT yang diterima hari ini dapat meringankan beban kebutuhan para buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok legal yang berkurang aktifitasnya dalam bidang pertembakauan.

” Setelah pandemi Covid 19 berlalu, dan aktifitas perekonomian belum kembali pulih seratus persen ditambah adanya fenomena El Nino yang mengakibatkan terjadinya cuaca ekstrim dan musim kemarau yang makin panjang sehingga tanaman tembakau tidak bisa tumbuh maksimal, dan panen tembakau jauh berkurang baik kuantitas maupun kualitasnya. Dan untuk mensupport semangat para petani maupun buruh tani tembakau agar tetap beraktifitas di bidang pertembakauan, pemerintah memberikan bantuan langsung tunai dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT)..” ungkap Sri Mulyani.

Tampak hadir dalam acara penyerahan BLT DBHCHT di Pendopo Pemkab Klaten hari ini antara lain, Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang W Ismoyo, Ketua Fraksi PDI P DPRD Kabupaten Klaten, Edi Sasongko, Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Klaten, Mohammad Hasyim, Plt. Asisten 2 Sekda Klaten yang juga Kepala Dinsos P3APPKB, Muh. Nasir, para Camat dan Koordinator PPL kecamatan, Koordinator PKH, Pendamping Sosial dan TKSK dari 18 kecamatan.(Jon’s)

Author: 

Related Posts

Leave a Reply